Pages

Wednesday, April 13, 2011

Aku dah 30 minggu...


Assalamualaikum... wet wet... lama gila tak N3 kan..

sibuk dengan segala hal bagai.. yg di duga..yg tak di duga..

mood juga bercelaru.. ntah mcm2 dah..

skng ni jer mood back to normal.. syukur sangat...

apa pun aku nk say.. ALHAMDULILLAH..

apa jua keadaan Allah yang tentukan.. dan di sebalik kejadian pasti ada hikmahnya tersendiri dan sebagai umatNYA.. kita kena redho dan jangan mengeluh.. dugaan yg tak seberapa di dunia ni..


Apa yang terjadi pada janin:
Panjang tubuhnya sudah mencapai kira-kira 37,5 cm, dan berat tubuhnya hampir mencapai 1.36 kg. Organ visualnya masih terus berkembang, meski belum tajam penglihatannya. Bahkan nanti, setelah lahir, kelopak matanya masih tertutup. Ketika nanti kelopaknya terbuka, kemampuan melihatnya hanya 20/400, artinya ia baru bisa melihat obyek yang jauhnya hanya beberapa sentimeter saja dari matanya. Sementara orang dewasa punya kemampuan 20/20.

Apa yang terjadi pada ibu:
Anda akan sering merasa sedikit cepat lelah dalam beberapa hari ini, terutama jika Anda mengalami kesulitan tidur. (sangat betulllll) Anda juga mungkin akan menjadi ibu yang sedikit ceroboh, yang sebabnya tak jelas. Anda juga akan merasa sedikit sering kehilangan keseimbangan dan merasakan sedikit nyeri sendi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti sepatu yang biasanya Anda pakai ke model sepetu suster, dan sol tipis atau berhak tipis.

Masih ingat dengan perubahan mood yang terjadi di trimester pertama? Sekarang mungkin akan terjadi lagi. Ini merupakan efek dari kombinasi ketidaknyamanan fisik dan perubahan hormon. Anda juga akan mulai cemas menghadapi hari persalinan nanti. Beritahu dokter kandungan Anda jika Anda kerap merasakan cemas atau gelisah.

Berikut adalah beberapa ketakutan umum menjelang bersalin dan tips mengatasinya:

Saya takkan bisa menahan sakitnya persalinan.
Beberapa ibu hamil sudah tahu bagaimana bersalin, ada yang mendapatkan cerita bahwa akan mendapatkan bius ada juga yang mendapat info bahwa persalinan dijalani dengan cara epidural. Tapi ada juga yang mendapat cerita, bahwa beberapa ibu benar-benar ingin melahirkan normal tanpa dibius. Tapi, jika Anda mempersiapkan diri dengan baik dan dukungan yang juga baik, melahirkan dengan cara normal mungkin akan membuat Anda merasa puas dan bermakna. Sebaiknya, jangan pula memedulikan cerita-cerita persalinan, itu hanya akan membuat Anda tambah cemas.

Saya mungkin akan mendapat episiotomi (sedikit perobekan di jalan lahir).
Episiotomi adalah prosedur perobekan otot diantara vagina dan anus (atau di atasnya), yang dilakukan sebelum mengeluarkan janin. Ini dilakukan untuk memperlebar vagina. Beberapa ibu hamil ada yang mengalami robek secara alamiah. Biasanya setelah itu akan dilakukan prosedur penjahitan. Beberapa ahli, sekarang sangat menyarankan bahwa episiotomi tak perlu dilakukan, karena kelahiran (yang ditunggu dengan sabar) dapat terjadi secara alamiah tanpa perlu ada perobekan.

Saya harus mengeden/mengejan selama persalinan.
Tak ada yang perlu dikuatirkan.
Jika Anda mengejan ketika ingin mengeluarkan janin, tak ada satupun orang di ruang bersalin yang akan terheran-heran. Jika Anda sudah mempelajari cara mengejan yang benar selama kelas kehamilan, Anda takkan terlihat aneh kok.

Saya akan mendapatkan intervensi medis yang tak perlu.
Cara terbaik mengatasi kekuatiran ini adalah, mengobrol terbuka dengan dokter kandungan Anda. Anda harus percaya bahwa dokter Anda akan melakukan yang terbaik untuk Anda.
Dan serahkan segalanya kepadanya.

Saya akan dioperasi caesar.
Satu dari lima ibu hamil akan menjalani operasi caesar, itu faktanya. Lagipula operasi caesar tidak akan dilakukan secara tiba-tiba, tanpa Anda tahu. Persalinan caesar sudah ditentukan sejak jauh hari sebelum jadwal persalinan Anda. Lagipula operasi ini harus dilakukan dengan alasan medis yang kuat.

Minggu ini mengapa tidak …

Mengumpulkan barang-barang keperluan bayi. Inilah tugas yang cocok dilakukan suami Anda. Minta ia menyiapkan segalanya menjelang persalinan nanti. Baik barang-barang untuk dibawa ke rumah sakit maupun barang-barang yang akan diperlukan bayi di rumah nanti.

Tahukah Anda? Sel-sel otak janin terbentuk selama ia berada di kandungan, dan saat janin lahir, sel-sel itu saling terkoneksi lewat stimulasi visual, motorik, bahasa dan sosial. Semakin banyak koneksi ini tersambung, bayi akan semakin belajar dan mengembangkan kemampuan kognitif dan daya ingatnya (memori).

Ini artinya, selama menjalani kehamilan Anda harus bersungguh-sungguh memperhatikan asupan makanan yang bisa membantu regenerasi sel di otaknya. Temukan bagaimana Anmum Materna bisa membantu memberi awal yang baik untuk otak si kecil. Pastikan Anda mendapat cukup nutrisi, begitu juga sikecil di dalam kandungan sana!





0 comments:

Post a Comment

said

My little angel...

Lilypie Maternity tickers

Total Pageviews

penyeri blog Mummy awin..


Powered By KakiBlog

sahabat handai

~HargaiLah Masa & WaKtu~

~PARA-PARA PENGUNJUNG~ TKS...


Assalamualaikum... wet wet... lama gila tak N3 kan..

sibuk dengan segala hal bagai.. yg di duga..yg tak di duga..

mood juga bercelaru.. ntah mcm2 dah..

skng ni jer mood back to normal.. syukur sangat...

apa pun aku nk say.. ALHAMDULILLAH..

apa jua keadaan Allah yang tentukan.. dan di sebalik kejadian pasti ada hikmahnya tersendiri dan sebagai umatNYA.. kita kena redho dan jangan mengeluh.. dugaan yg tak seberapa di dunia ni..


Apa yang terjadi pada janin:
Panjang tubuhnya sudah mencapai kira-kira 37,5 cm, dan berat tubuhnya hampir mencapai 1.36 kg. Organ visualnya masih terus berkembang, meski belum tajam penglihatannya. Bahkan nanti, setelah lahir, kelopak matanya masih tertutup. Ketika nanti kelopaknya terbuka, kemampuan melihatnya hanya 20/400, artinya ia baru bisa melihat obyek yang jauhnya hanya beberapa sentimeter saja dari matanya. Sementara orang dewasa punya kemampuan 20/20.

Apa yang terjadi pada ibu:
Anda akan sering merasa sedikit cepat lelah dalam beberapa hari ini, terutama jika Anda mengalami kesulitan tidur. (sangat betulllll) Anda juga mungkin akan menjadi ibu yang sedikit ceroboh, yang sebabnya tak jelas. Anda juga akan merasa sedikit sering kehilangan keseimbangan dan merasakan sedikit nyeri sendi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti sepatu yang biasanya Anda pakai ke model sepetu suster, dan sol tipis atau berhak tipis.

Masih ingat dengan perubahan mood yang terjadi di trimester pertama? Sekarang mungkin akan terjadi lagi. Ini merupakan efek dari kombinasi ketidaknyamanan fisik dan perubahan hormon. Anda juga akan mulai cemas menghadapi hari persalinan nanti. Beritahu dokter kandungan Anda jika Anda kerap merasakan cemas atau gelisah.

Berikut adalah beberapa ketakutan umum menjelang bersalin dan tips mengatasinya:

Saya takkan bisa menahan sakitnya persalinan.
Beberapa ibu hamil sudah tahu bagaimana bersalin, ada yang mendapatkan cerita bahwa akan mendapatkan bius ada juga yang mendapat info bahwa persalinan dijalani dengan cara epidural. Tapi ada juga yang mendapat cerita, bahwa beberapa ibu benar-benar ingin melahirkan normal tanpa dibius. Tapi, jika Anda mempersiapkan diri dengan baik dan dukungan yang juga baik, melahirkan dengan cara normal mungkin akan membuat Anda merasa puas dan bermakna. Sebaiknya, jangan pula memedulikan cerita-cerita persalinan, itu hanya akan membuat Anda tambah cemas.

Saya mungkin akan mendapat episiotomi (sedikit perobekan di jalan lahir).
Episiotomi adalah prosedur perobekan otot diantara vagina dan anus (atau di atasnya), yang dilakukan sebelum mengeluarkan janin. Ini dilakukan untuk memperlebar vagina. Beberapa ibu hamil ada yang mengalami robek secara alamiah. Biasanya setelah itu akan dilakukan prosedur penjahitan. Beberapa ahli, sekarang sangat menyarankan bahwa episiotomi tak perlu dilakukan, karena kelahiran (yang ditunggu dengan sabar) dapat terjadi secara alamiah tanpa perlu ada perobekan.

Saya harus mengeden/mengejan selama persalinan.
Tak ada yang perlu dikuatirkan.
Jika Anda mengejan ketika ingin mengeluarkan janin, tak ada satupun orang di ruang bersalin yang akan terheran-heran. Jika Anda sudah mempelajari cara mengejan yang benar selama kelas kehamilan, Anda takkan terlihat aneh kok.

Saya akan mendapatkan intervensi medis yang tak perlu.
Cara terbaik mengatasi kekuatiran ini adalah, mengobrol terbuka dengan dokter kandungan Anda. Anda harus percaya bahwa dokter Anda akan melakukan yang terbaik untuk Anda.
Dan serahkan segalanya kepadanya.

Saya akan dioperasi caesar.
Satu dari lima ibu hamil akan menjalani operasi caesar, itu faktanya. Lagipula operasi caesar tidak akan dilakukan secara tiba-tiba, tanpa Anda tahu. Persalinan caesar sudah ditentukan sejak jauh hari sebelum jadwal persalinan Anda. Lagipula operasi ini harus dilakukan dengan alasan medis yang kuat.

Minggu ini mengapa tidak …

Mengumpulkan barang-barang keperluan bayi. Inilah tugas yang cocok dilakukan suami Anda. Minta ia menyiapkan segalanya menjelang persalinan nanti. Baik barang-barang untuk dibawa ke rumah sakit maupun barang-barang yang akan diperlukan bayi di rumah nanti.

Tahukah Anda? Sel-sel otak janin terbentuk selama ia berada di kandungan, dan saat janin lahir, sel-sel itu saling terkoneksi lewat stimulasi visual, motorik, bahasa dan sosial. Semakin banyak koneksi ini tersambung, bayi akan semakin belajar dan mengembangkan kemampuan kognitif dan daya ingatnya (memori).

Ini artinya, selama menjalani kehamilan Anda harus bersungguh-sungguh memperhatikan asupan makanan yang bisa membantu regenerasi sel di otaknya. Temukan bagaimana Anmum Materna bisa membantu memberi awal yang baik untuk otak si kecil. Pastikan Anda mendapat cukup nutrisi, begitu juga sikecil di dalam kandungan sana!





0 comments:

Post a Comment

said